Budaya Menge-bel Orang Indonesia

14 Jun

“Tin tin tin tin!”

Begitulah suara yang saya dengar pagi ini. Ternyata, asalnya dari mobil si bapak yang ada di belakang saya. Haduh, bikin males aja deh kalo pagi-pagi udah di bel-bel in. Jujur aja, saya ga begitu suka dengan budaya menge-bel orang Indonesia. It sounds annoying! Bayangin kalo jalanannya udah macet, waktu kurang 5 menit lagi sebelum kuliah dimulai, jalannya juga masih jauh, ditambah orang ngebel! Duh stres stres stres yakaaan.

Sebenernya sih, ngebel itu buat apa sih? Kalo menurut saya pribadi, ngebel itu buat sign kalo kita nglengek, nyetir nya ngga bener. Ngebel itu sebenernya udah bagian kehidupan sehari-hari sih tetapi kenapa ya kok saya tetep aja nggak bisa ngerasa biasa dengan bunyi bel? Mungkin karena pemahaman yang udah ada semenjak SMP ya.. Jadi waktu itu, saya kan lagi demen-demennya tuh sama yang jepang-jepangan. Suatu ketika, saya dapet pengetahuan yang baru buat saya tentang jalan di Jepang itu.

Jadi, di Jepang itu hampir ga ada orang ngebel-ngebel kaya di Indonesia ini. Kenapa? Karena selain bikin rame jalanan, ngebel dianggap ga sopan juga. Coba bayangin kalo di Indonesia seperti itu😛

Saya sendiri kalo dapet tugas sebagai sopir jarang sekali membunyikan klakson. Sampai-sampai dulu pernah mama saya (waktu itu duduknya di samping) mengambil alih tugas ngebel mengebel nya sopir hehehe. Kalo anggepan saya, selain karena pengen menerapkan budaya itu, saya juga kasian kalo ngebel. Ngebel kan bunyinya keras, kalo orang yang dibelin merasa terganggu, gimana? Kebetulan juga saya orangnya suka yang kalo ngelakuin sesuatu suka nanya ke diri sendiri dulu, “kira-kira kalo saya diginiin, bakal seneng ga ya?” kalo saya nya aja ngga suka dikaya gituin, ngapain saya nerapinnya ke orang lain?

Hehe, oke. Sekian dulu postingan kali ini. Cuman celotehan biasa, dan kalo misalnya ada yang ngga setuju sama opini saya, ya monggo. Setiap orang kan punya opini masing-masing. Tetap bersyukur atas rahmat-Nya. Have a nice day🙂

Leave a Reply

